Minggu, 13 Mei 2012

Manfaat Berpuasa


   Berpuasa dari sisi sejarahnya telah dimulai sejak zaman nabiyullah Nuh as .... Salah satu diantaranya adalah puasa menurut nabiyullah Daud as.., dengan cara berpuasa satu hari dan berbuka di hari berikutnya.
   Puasa ala nabi Daud ranting (peringkat) tertinggi pahalanya di sisi Allah setelah puasa Ramadhan. karena miliki tingakt kesulitan luar biasa, untuk kapasitas nafsu manusia yang variatif. Maka puasa ini bisa mengantikan puasa wishol (pati geni Jawa) Artinya puasa yang tidak diselingi dengan berbuka, dan dilanjutkan sampai hari berikutnya.

   Nabi sendiri melakukanya, akan tetapi melarang pada sahabatnya untuk melakukan puasa wishol tersebut, karena dapat merusak fungsi angota tubuh di masa tua. Hal ini  menjadi khususiyah nabi Muhammad saw. Gambaran keagungan pahala puasa yang menyamai pahala jihad fi sabilillah. Karena puasa yang dilakukan dengan imanan wah tisaaban (mengharap ridlo Allah) dan dengan membacaayat-ayat Allah dan menunaikan ibadah sholat sunnah setiap harinya, hal ini yang  bisa menjadi pertimbangan agungnya amal tersebuat.

   Dalam sepuluh tahun terakir para ahli kedokteran telah mengumpulkan data-data laboratorium medis kedokteran yang menunjuki bahwa puasa dapat membantu untuk mengobati sebagian penuaan dini.Karena puasa tersebut menambah kinerja pemecah hormon (FSH) dan hormon latinah (LH) dan hormon prolaktin. Di sisi lain mendukung kinerja hormon testosteron pria, lebih lanjut membantu dalam pembentukan sperma.
  Jika seorang ibu hamil dengan melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, bisa diprediksi adanya peningkatan keadaan janin ditinjau dari perubahan janin tersebut di bulan berikutnya.
   Denagn hadis nabawiy yang berbunyi " wa man lam yastathi' fa  'alaihi bisshoumi, fainnahu lahu wija"' (dan siapa yang tidak bisa nikah, maka sebaiknya dia berpuasa, karena puasa tersebut dapat membentenginya).

   Hadis tersebut kadang-kadang disalah artikan bahwa puasa melemahkan kekuatan jasmani, padahal nabi memotivasi para pemuda untuk berpuasa, seraya bertujuan agar mereka menyibukan diridengan ibadah, sehingga terhindar dari terlintasnya gerakan syahwat dalm pikiran mereka.

   Pembahasan ilmiah modern menunjukkan bahwa pengaruh syahwat (birahi) terhadap hormon lebih ringan dari pada pengaruh syahwat terhadap kinerja anggota badan yang lain. Dengan berpuasa, akan memiliki kecenderungan peningkatan pengaturan terhadap kinerja kelenjar di dalam tubuh.

Menetralisir Racun dan Memperpanjang Umur
Para peneliti meyakini bahwa puasa dapat meminimalisir pertumbuhan kangker dalam tubuh dan juga membunuh kanker sampai keakarnya. Sebagian yang lain meyakini bahwa puasa dapat memperpanjang umur. Artinya dengan puasa mengurangi kinerja anggota tubuh  secara berlebihan.

Bersahur
Bersahurlah karena di dalam sahur terdapat barokah. Juga disunnahkan di saat bersahur dan berbuka untuk makan kurma. Kurma miliki kandungan glukosa yan mempercepat pemulihan kemampuan tubuh setelah seharian tidak makan.






2 komentar:

Si celoteh mengatakan...

begitu besar manfaat dari berpuasa..
tpi sayang..byk umat kita yg masih melanggar dan tdk melaksanakanya ibadah puasa.

Unknown mengatakan...

Ban9 Imam bravo, dalam berpuasa di butuh kan keiklasan lahir maupun batin, dan hasilnya Isya Allah akan berpengaruh pada lahir (sikap sehari2) dan batin (anugerah kesehatan), jadi intinya puasa tanpa syarat dua ini, kurang lebih tidak berarti karena di paksakan,

"Semo9a Bermanfaat' "AmIn.

Posting Komentar