Jumat, 11 Mei 2012

Padang Mahsyar yang Mencengangkan

           Padang Mahsyar adalah tempat perhimpunan akbar umat manusia sejagat setelah mereka dibangkitkan dari allam kubur. Mereka akan digiring ke satu lapangan yang bernama Mahsyar, untuk dimintai pertanggung jawapan atas amal perbuatan masing masing semasa di dunia. Allah berfirman: " Pada hari sang kakala ditiup kamu akan datang secara berbondong-bondong". (An-Naba':18)

           Saat dibangkitkan dari kubur, seluruh manusia akan digiring ke Padang Mahsyar. Mulai dari manusia pertama Nabi Adam hingga orang yang terakir wafat. Mereka digiring telanjang, tanpa alas kaki dan tak berkhitan seperi ketika dulu dilahirkan. Walaupun telanjang, mereka tak sempat berpikir memandang aurat orang lain karena urusan mereka saat itu amat berat dan mengoncang jiwa. Nabi bersabda: "Orang-orang terdahulu dan terkemudian akan dikumpulkan Allah selama 40 tahun dalam keadaan berdiri, mata mereka terbuka menunggu ketentuan Tuhan ". (Tabrani). Menurut riwayat lain : "Mereka menunggu 1000 tahun dalam kegelapan, dan tak berbicara". (Baihaqi).

          Abu Hurairah mengatakan: Pada hari kiamat, manusia akan berkeringat hingga lenyaplah keringatnya itu meresap ke bumi sedalam 70 hasta dan melelehlah keringat hingga ke telinga mereka ".(Baihaqi). Rosulullah saw bersabda: "Apabila hari kiamat tiba, matahari didekatkan ke manusia hingga jarak satu atau dua mile. Matahari itu akan membakar hingga keringat bercucuran sesuai amal mereka ketika hidup di dunia. Ada yang sampai ke kedua bahunya, ada yang sampai ke kedua pinggangnya dan ada pula yang menjadi kendalinya". (Muslim). Tentang ukuran hari akhirat, Nabi menjelaskan: "Satu hari di akhirat sama dengan 50 tahun masa dunia. Sahabat bertanya: Alangkah panjang hari itu. Nabi Menjawap: "Demi Allah, akan diringankan bagi orang Mukmin hingga lebih ringan dari mengerjakan sholat Fardhu". (Ahmad)

           Adapun orang yang berdosa besar dan menyombongkan diri, akan dikumpulkan seperti benih dimakan ulat, dari tiap-tiap tempat mereka akan dibawa ke penjara neraka jahanam. Mereka dijilat api dan minuman mereka adalah lumpur berbau busuk. Nabi saw bersabda: "Orang-orang sombong pada hari kiamat akan dikumpukan seperti biji-bijian dimakan ulat, dari setiap tempat mereka digiring menuju penjara neraka yang disebut Bulis. Mereka dikelilingi api dan minumanya dari debu neraka berlumpur". (Nasa'i dan Trmidzi).

          Pada hari itu, manusia amat ketakutan dan sangat kehausan karena terik matahari. Mereka tak akan mendapat minuman setetes pun untuk membasahi kerongkongan, kecuali orang beriman yang akan mendapatkanya dari telaga Nabi saw yang bernama "Al-Kautsar" sebagai hadiah syafaat dari Rosulullah saw.

          Setelah dikumpulkan di Padang Mahsyar, manusia dihisap sesuai amal perbuatanya selama di dunia dan akan digerakkan menuju jembatan yang sangat suram, dalam dan mengerikan: jembatan Sirotol mustaqim. Ketika melewatinya, ada yang selamat dan banyak pula yang berjatuhan ke dalam gaung neraka.

          Marilah siapkan bekal kita agar di padang Mahsyar kelak menjadi penerima anugerah berupa syafaat Rosulullah saw. Dengan begitu, akan memudahkan jalan menuju ke surga. Wallahu a' lam.




" Bismillaahil ladhi la yadhrru ma'asmihi syaiun fil ardhi wala fis samaai wa huwas samii'ul bashiir"
{ Dengan nama Allah yang tidak ada sesuatu yan membahayakan di bumi dan langit jika (menyebut) nama-Nya dan Dia-lah Szat Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat }


4 komentar:

Andik Rasida mengatakan...

Jadi ngeri deh...Dosanya dah banyak

Unknown mengatakan...

Sobat , tidak ada kata terlambat bagi yang ingin bertaubat dan memperbaiki diri, selama kita masih di beri waktu untuk hidup, Insya Allah


Semoga Bermanfaat, "AmiN.

Unknown mengatakan...

subhanallah

Unknown mengatakan...

bermanfaat,,

Posting Komentar