Jumat, 11 Mei 2012

Misteri Kasih Sayang Allah Swt

            Bahkan seandainya orang itu kembali melakukan maksiat lagi, Allah pasti mengampuni dosa-dosanya. Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi menceritakan firman Allah dalam hadis Qudsi yang artinya: "Seorang hamba telah melakukan dosa lalu berdoa kepada Allah,: 'Ya Robb, ampunilah dosa-dosa ku'. "Maka Allah pun berfirman: "Hambaku telah melakukan dosa, walhal dia tau bahwa dia mempunyai Tuhan yang maha mengampuni dan menghapus dosa". Lalu hamba itu melakukan dosa lagi dan berdo'a: 'Ya Robb, ampunilah dosa ku'. Maka Allah berfirman: "Hambaku telah melakukan dosa lagi, walhal dia tau kalau dia mempunyai Tuhan yang maha mengampuni dan menghapus dosa". Lalu hamba itu melakukan dosa lagi dan berdo'a lagi: ' Ya robb, ampunilah dosaku'. Maka Allah pun kembali berfirman: "Hambaku telah melakukan dosa lagi, walhal dia tau kalau dia mempunyai Tuhan yang maha mengampuni dan menghapus dosa. ..." Dan seterusnya sehingga Allah mengampuninya.

             Rasa kasih-sayang Allah kepada hamba-Nya melebihi kasih sayang ibu kepada anaknya. Ketika menciptakan makhluq, Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang menyatakan, bahwa:" Rahmat-Ku (kepada makhluq) mengalahkan murka-Ku (kepadanya). "(Muslim). Rosulullah saw bersabda: "Allah membagi rahmad-Nya kepada 100 bagian. Yang 99 Dia pegang di sisi-Nya. Dan yang satu bagian lagi dia turunkan ke muka bumi. (Meski hanya dengan) satu bagian itu saja, para makhluq yang ada di dunia ini bisa saling mengasihi dan menyayangi. Bahkan binatangpun dapat menghindarkan kuku-kukunya dari anak mereka, karena takut sang anak terluka". (Muslim)

             Subhanallah! betapa besar rahmad Allah. Bahkan, kalau orang itu mendekati Allah selangkah, Allah akan mendekatinya 1000 langkah. Karena begitu sayangnya Allah kepada hamba-Nya, hingga dia sediakan pintu taubat terbuka 24 jam untuk semua hamba-Nya. Abu Musa meriwayatkan bahwa nabi SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah membentangkan tangan-Nya malam hari untuk menerima pertaubatan orang yang berbuat dosa siang hari. Dia juga membentangkan tangan-Nya siang hari untuk menerima pertaubatan orang yung berbuat dosa malam hari. (hal ini berlangsung) sampai matahari terbit dari barat". (Muslim)

            Tak hanya itu, bahkan Allah memperlakukan hamba-Nya seperti orang yang tidak melakukan dosa. Justru itu, kita yang pernah melakukan dosa, baik besar ataupun kecil, jangan gundah dan gelisah. Janganlah berangapan bahwa dosa yang menumpuk itu tidak akan diampuni Allah. Siapa tau perbuatan dosa itu malah membuat seorang hamba akan lebih dekat kepada Tuhanya, merendahkan dirinya, menghidupkan malamnya, bekerja keras di siang harinya, dan meningkatkan amal ibadahnya.

            Yang penting sekarang, kita bertekad tidak melakukan dosa itu lagi. Percayalah kemuliaan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Pengampun. Allah menjanjikan orang-orang yang beristighfar kepada-Nya dengan hadiah surga yang hakiki.




" Bismillaahi masya allah la yasuuqul khaira illallah "
{Dengan nama Allah dan apa yang dikehendaki-Nya, tidak ada penuntun kebaikan kecuali Dia}




Tidak ada komentar:

Posting Komentar