Sabtu, 27 Oktober 2012

Shodaqah Memang Ampuh ..!!




            Perbanyak dan bersegeralah bersedekah, karena di dalamnya terdapat banyak manfaat. Mulai dari menanbah banyaknya rizki, memperbanyak teman dan saudara, memudahkan urusan, serta menolak bala` yang akan menimpa kita.    Bahkan sedekah juga, dengan izin Allah Swt dapat menunda kematian.
            Hindarilah permusuhan dan pertengkaran dengan cara menghilangkan sifat rakus dan serakah dalam diri kita.


Sedekah menambah Rizqi:
         Rasulullah Saw, bersabda :  "Tidak akan berkurang harta dengan sedekah"   ( HR.Muslim)

Menolak bala dan Keburukan
        Rasulullah Saw, bersabda:   "Bersegeralah bersedekah , sebab yang namanya bala` tidak pernah bisa mendahului sedekah"
Rasulullah Saw, bersabda:   "Sedekah bisa menutup 70 pintu dari pintu-pintu kejelekan"  (HR.Thabrani dalam Al-Kabir)


Menunda Kematian dan Memanjangkan umur
               Sabda   Rasulullah Saw,   "Perbanyaklah   sedek ah.  Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur."
Rasulullah   Saw   bersabda,   "Dan takutlah kalian dari sifat rakus dan serakah, sebab ia telah menghancurkan  banyak ummat   sebelum kalian,   mereka saling   membunuh  dan   menodai   kehormatan"


Islam telah memerintahkan umatnya untuk bersedekah, sebagaimana firman Allah Swt:
          "Perumpamaan sedekah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir,  pada tiap-tiap bulir seratus bijih, Allah melipatgandakan  (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki.  Allah Mahaluas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui."    (Al-Baqarah:  261)

"Dan nafkahkanlah sebagian dari harta kalian yang mana Alah telah menjadikan kalian menguasainya.  Maka orang-orang yang beriman di antara kalian dan menafkahkan sebagian dari hartanya akan memperoleh pahala yang besar."    (AL-Hadid: 7)

Di dalam surat yang lain, Allah juga berfirman:
   "kalian sekali-kali tidak akan mendapatkan kebajikan (yang sempurna)  sebelum menafkahkan sebagian harta yang kalian cintai.  Apa saja yang kalian nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya."  
(Ali Imran:  92)


Dalam sebuah hadist,  rasulullah telah bersabda:
    "Tidak satu haripun yang dilalui oleh hamba Allah, kecuali ada dua orang malaikat turun kepadanya.  Satu di antaranya berdoa:   Ya Allah berilah ganti bagi orang yang telah menafkahkan hartanya di jalan-Mu.  Sedangkan yang lainnya berdoa:  Ya Allah, berilah kerusakan atas harta orang yang enggan menafkahkannya."      (HR.Muslim)

Rasulullah Saw, juga bersabda:
      "Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan mencegah dari proses kematian yang menyengsarakan."   (HR. At-Tirmidzi dan menurut beliau hadist ini berstatus hasan)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar